Meteran listrik kampus Universitas Muhammadiyah meledak - Koranmu Sumsel
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Meteran listrik kampus Universitas Muhammadiyah meledak

Meteran listrik kampus Universitas Muhammadiyah meledak

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Meteran listrik di masjid kampus Universitas Muhammadiyah Palembang, Senin, meledak sehingga ratusan mahasiswa berhamburan keluar gedung kar…

Meteran listrik kampus Universitas Muhammadiyah meledak

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Meteran listrik di masjid kampus Universitas Muhammadiyah Palembang, Senin, meledak sehingga ratusan mahasiswa berhamburan keluar gedung karena kaget.
Asap bertebaran di halaman tempat parkir kendaraan, dan kemudian diketahui bersumber dari meteran listrik masjid kampus tersebut.
Pengurus masjid Suryanto (50) mengatakan kejadian itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.
"Waktu kejadian banyak mahasiswa berhamburan ke luar. Mereka berteriak histeris. Tolong....tolong....kebakaran," kata dia.
Setelah mendengarkan teriakan tersebut dirinya langsung keluar kantor. Ternyata asap sudah an memenuhi halaman parkir beserta api yang muncul di kabel listrik seperti percikan petasan.
Ia pun kemudian lari menuju Masjid Al-Hikmah, Universitas Muhammadiyah Palembang untuk melihat apa penyebab timbulnya asap dan api.
Rupanya penyebab kebakaran itu berasal d ari meteran
listrik masjid. Suryanto langsung menurunkan tuas NCB listrik agar api tidak tak menyambar ke tempat yang lain.
Kebakaran ini tidak memakan korban, hanya meteran listrik dan kabelnya hangus.
"Saya pikir mahasiswa ada tawuran, namun tidak tahunya ada kebakaran. Suasananya tadi perang meledak-ledak kabel PLN," kata Suryanto.
Sebelum kejadian itu meteran listrik di Masjid Al Hikmah baru diganti dayanya, dari 11.000 vA menjadi 33.000 vA karena ada sumbangan empat unit pendingin ruangan.
Sementara, Kapolsek SU II, Kompol Okto Irwansah melalui Kanit Reskrim Polsek Seberang Ulu II, Novel mengatakan, kemungkinan penyebab kebakaran adalah saat pergantian daya kabelnya tidak ikut digantikan.
Distribution Crew PLN, Suparman membenarkan hal tersebut karena ketika peningkatan daya, kabel juga seharusnya diganti dan juga di meteran harus ditambah pembatas listrik di dalam meteran sehingga terlindungi bila terjadi arus pendek listrik.Sumber: Google News | Koranmu Sumatera Selatan

Tidak ada komentar